Inilah Manfaat Penting Air Bagi Tubuh Kita

Inilah Manfaat Penting Air Bagi Tubuh Kita - Air adalah benda cair di bumi yang dimanfaatkan berbagai kebutuhan manusia. Air sangat banyak manfaatnya bagi manusia. Banyak manfaat, fungsi, kegunaan, dan peranan air bagi kehidupan manusia. Air menjadi salah satu kebutuhan pokok organisme hidup termasuk manusia. Air merupakan unsur penting bagi makhluk yang bernyawa, seperti hewan dan tubuhan. Tanpa keberadaan air, kehidupan akan mati.
Berikut ini manfaat air bagi manusia, yaitu:
  1. Minum
  2. Memasak
  3. Kebersihan, seperti mandi dan cuci
  4. Membersihkan rumah.
  5. Sarana produksi pada pabrik
  6. Pembangkit tenaga listrik
  7. Pengairan pertanian dan sawah
  8. Minuman ternak
Mengapa air sangat penting bagi manusia, karena 3/4 bagian dari tubuh kita terdiri dari air. Volume air dalam tubuh manusia rata-rata 65% dari total berat badannya, dan volume tersebut sangat bervariasi pada masing-masing orang, bahkan juga bervariasi antara bagian-bagian tubuh seseorang. Beberapa organ tubuh manusia yang mengandung banyak air, antara lain, otak 74,5%, tulang 22%, ginjal 82,7%, otot 75,6%, dan darah 83%.

Setiap hari kurang lebih 2.272 liter darah dibersihkan oleh ginjal dan sekitar 2,3 liter diproduksi menjadi urine. Selebihnya diserap kembali masuk ke aliran darah. Dalam kehidupan sehari-hari, air dipergunakan antara lain untuk keperluan minum, mandi, memasak, mencuci, membersihkan rumah, pelarut obat, dan pembawa bahan buangan industri.

Ditinjau dari sudut ilmu kesehatan masyarakat, penyediaan sumber air bersih harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat karena persediaan air bersih yang terbatas memudahkan timbulnya penyakit di masyarakat. Volume rata- rata kebutuhan air setiap individu per hari berkisar antara 150-200 liter atau 35-40 galon. Kebutuhan air tersebut bervariasi dan bergantung pada keadaan iklim, standar kehidupan, dan kebiasaan masyarakat.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rinoto Updates


0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda, silahkan tuliskan komentar!